PERENCANAAN USAHA ”UBI GORENG”
I.
PENDAHULUAN
Di masa krisis sekarang
persaingan di perdagangan sangat ketat. Diperlukan suatu rencana agar
perusahaan bias maju pesat. Agar perusahaan bias berjalan dengan sukses dan
maju seseorang wirausaha yang mempunyai perencanaan usaha yang sangat baik dan
cermat seperti : permodalan, barang yang akan diproduksi, strategi pemasaran
dan system pemasarannya.
II.
BUSINESS
PLAN
Perusahaan kami bergerak di
bidang makanan yang memproduksi salah satu makanan ringan, yaitu “ubi goreng”,
yang beraneka ragam, baik bentuk, rasa, maupun ukuran.
Sebelum kami menjalankan
perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha.
Modal usaha yang kami peroieh yaitu berupa uang, yang diperoleh melalui
pinjaman dari peminjam dana dari pihak bank.
Untuk merencanakan pemasaran,
perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui
pasar tradisional, pasar modern maupun “dor
to dor” yang mudah terjangkau oleh para pebeli/konsumen.
III.
ANALISIN
USAHA/BUSINESS
Adapun maksud dan tujuan kami
mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang
bisnis dan kewirausahaan,
2) Membantu pemerintah
menciptakan lapangan kerja,
3) Mengurangi tingkat
pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara
pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau
laba.
Adapun strategi pemasaran kami
yaitu dengan cara mempromosikan dan mendistribusikan melalui agen dan pasar.
Sedangkan untuk manajemen pengelolaan usaha, rencana kami melakukannya dengan
cara sebagai berikut:
1.
Mengawasi mutu, kualitas dan kuantitas produk.
2.
Melayani setiap kritik dan saran konsumen.
IV.
DESKRIPSI
USAHA
Didalam
penjelasan ini kami akan mnggambarkan sedikit tentang usaha kami, walau
sebenarnya dari beberapa penjelasan diatas sudah dapat digambarkan tapi kami
akan jelaskan lagi lebih rinci dan detainya.
1. Produk
Produk
yang kami buat ini adalah jenis makanan ringan yang sering sekali di jumpai,
terutama pada masyarakat di indonesia. Makanan ringan yang kami buat adalah
“ubi goreng” yang berbahan baku ubi kayu/singkong dengan rasa, bentuk dan
ukuran yang berbeda dan lebih menarik. Makanan ini biasa dinikmati saat
bersantai. Karna ukuran kemasan makanan ini tidak terlalu besar makanan ini
mudah untuk dibawa-bawa.
2. Jasa
Untuk
jasa pelayanan kita akan menggunakan jasa pelayanan yang baik dan ramah dan
pengiriman tepat waktu.Dengan ada tambahan jasa pengiriman, kami mengharapkan
para konsumen menjadi lebih dekat dengan kami.Karena dengan adanya jasa
pengiriman ini akan memberikan sesuatu yang memberikan kemudahan kepada
konsumen untuk mendapatkan produk kami ini.Cukup hanya menelepon ke tempat
kami, konsumen bisa langsung mendapatkan produk kami ini yaitu “ubi goreng”.
3. Ruang Lingkup
Untuk ruang limgkup usaha
kami ini sangatlah tidak terbatas oleh apapun.Tetapi untuk tahap awal kita
hanya merencanakan ruang lingkup di daerah di mana tempat kami membuka usaha
ini dan tidak tertutup kemungkinan ini akan menyebar manjadi luas.Sehingga dapet
membuka peluang menuju sukses.
V.
RENCANA
PRODUKSI
A. Modal
tetap perusahaan : Rp. 10.000.000,-
B. Biaya
produksi terdiri dari:
1. Bahan
baku
·
Ubi kayu (100 kg Rp. 300.000,-)
·
Minyak goreng (20 kg Rp. 230.000,-)
·
Gas (5 tabung 12kg/60kg Rp. 425.000,-)
·
Penggorengan (Diameter +- 48-51cm Rp. 215.000,-)
·
Bubuk Perasa makanan (10 rasa Rp. 367.000,-)
·
Kertas Kemasan (500pcs kemasan gusset Rp.
550.000,-)
Total
bahan baku Rp. 2.087.000,-
2.
Gaji / upah
·
Tenaga pencuci & pemotong (Rp. 500.000 x
2orang)
·
Tenaga pemasak (Rp. 500.000 x 2orang)
·
Tenaga packing (Rp. 500.000 x 4orang)
·
Tenaga administrasi/Keuangan (Rp. 800.000 x
1orang)
·
Tenaga kurir (Rp. 200.000 x 1orang)
Total
gaji / upah : Rp. 5.000.000,-
3.
Biaya lain-lain
·
Transportasi Rp. 1.000.000,-
·
Administrasi Rp. 500.000,-
·
Pajak Rp. 200.000,-
Total
biaya lain-lain : Rp. 1.700.000,-
4.
Jumlah
seluruh biaya produksi (1 + 2 + 3)
1) Bahan
baku (Rp. 2.087.000,-)
2) Gaji /
upah (Rp. 5.000.000,-)
3) Biaya
lain-lain (Rp. 1.700.000,)
Total biaya produksi : Rp.
975.700.000,-
VI.
RENCANA
PEMASARAN
Adapun juga tempat mempromosikan
dan mendistribusikan hasil usaha kami yaitu:
a) Pasar tradisional
b) Pasar modern (super market
dll)
c) Agen-agen penjualan
Agar perusahaan kami dapat
berjalan maju, maka kami mempunyai target, yaitu:
1) Meningkatkan kuantitas,
kualitas dan mutu produk, yang kami produksi.
2) Menciptakan ukuran dan bentuk
yang berbeda,
3) Memberikan potongan harga atau
diskon kepada pelanggan tetap dan pemesanan yang sudah memesan produk kami
dalam jumlah banyak.
4) Membuka agen atau grosir di
berbagai wilayah.
VII. RENCANA PERMODALAN
Di dalam
meningkatkan permodalan usaha, perusahaan kami akan merencanakan pinjaman
berupa uang kepada pihak bank. Serta memproyeksikan permodalan dari perusahaan
kami yaitu dengan cara memberikan kredit jangka panjang.
VIII. RENCANA ORGANISASI
Proses produksi yang kami lakukan
akan dibantu oleh :
1.
8 karyawan yang bekerja dibagian produksi
2.
1 karyawan tenaga administrasi/keuanga
3.
1 orang tenaga kurir
IX.
RESIKO
Apabila
dalam suatu perusahaan terdapat salah satu kendala penyedian bahan baku berupa
“ubi kayu”, maka jelas kegiatan produksi akan terhambat karna kurangnya pasokan
bahan baku tersebut. Ketika terhambatnya suatu kegiatan produksi dalam perusahaan
maka jelas perusahan akan mengalami kerugian, untuk mengantisipasi resiko itu
kami akan segera mengupayakan penyediaan bahan baku dari suplier lain. Dengan
begitu kegiatan produksi dalam perusahaan akan kembali berjalan lancar seperti
biasa.
X.
KESIMPULAN
Demikian
proposal ini kami buat sebagai pertimbangan bagi para kreditur. Kami harap
semoga usaha yang kami lakukan dapat berjalan lancar dan dapat memuaskan
pelanggan.
Besar harapan kami agar
proposal ini dapat disetujui. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar