JUVENTUS

JUVENTUS

Senin, 04 November 2013

PERENCANAAN USAHA ”UBI GORENG”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan makanan yang kita sajikan berupa “UBI GORENG” yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan dengan bahan dasar ubi kayu/singkong dan dengan rasa yang beragam yaitu (manis, asin, pedas basah dan barbeque).
            Perusahaan kami memilih makanan ini karna ubi kayu/singkong sangat mudah di temukan di indonesia dan sekaligus turut meramaikan aneka makanan ringan, dan masyarakat indonesia yang rata-rata menyukai makanan dengan bahan dasar ubi kayu/singkong ini yang membuat perusahaan kami memilih memproduksi makanan ini.
            Dengan segala kelebihan dan kekurangan perusahaan kami berusaha menyajikan makanan yang berkualitas, sehat dan layak konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari produk yang kami prduksi.





1.2           Visi & Misi
Visi
Menjadikan makanan ubi kayu/singkong lebih di kenal dan menjadi pilihan utama masyarakat indonesia sebagai makanan ringan.
Misi
1.      Berorientasi kepada kepuasan konsumen
2.      Membuat aneka makanan ubi kayu/singkong dengan berbagai rasa
3.      Menjadikan pilihan utama makanan  ringan untuk masyarakat indonesia

BAB II
BAGAN ANALISIS PERUSAHAAN

2.1      Stuktur Organisasi
 
BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1      Produk/Jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Produk ini diantaranya :
·         Harga produk yang relatif terjangkau untuk semua kalangan
·         Memiliki variasi rasa yang menarik dan lezat
·         Tanpa bahan pengawet
·         Dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat

3.2      Bauran Pemasaran/Analisi 4P
1.     Product
·         Type               : Ubi Goreng
·         Brand             : Singkong Crispy
·         Quality            : Tanpa bahan pengawet
·         Packing           : Menggunakan packing kertas yang di modifikasi
2.     Promotion
·         Advertising                : Menggunakan jejaring sosial (twitter, facebook, email, blog dan lain-lain)
·         Saler Promotion        : Mempromosikan produk ke para konsumen
3.     Place
·         Berlokasi di wilayan bekasi






3.3         Target dan Segmentasi Pasar

·        Geografi
1.      Wilayah yang kita jadikan target untuk penjualan produk kami adalah wilayah bekasi dan jakarta, alasan kita memilih wilayah bekasi dan jakarta karna kita ingin lebih mempopulerkan produk ubi goreng ini di wilayah bekasi dan jakarta dan mudahnya bahan baku didapatkan diwilayah ini menjadikan salah satu alasan kita
2.     Demografi
Berdasarkan demografinya, produk kami  biasa dimakan oleh semua kalangan seperti anak-anak dan orang dewasa, dan kami tertuju kepada para pencinta kuliner

3.4      Strategi Pemasaran

·        Memperkenalkan Product
Dari produk yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang sering dijumpai di berbagai kios-kios makanan ringan yang membedakan adalah rasa yang bervariatif dan kemasan yang menarik
·        Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk yang berbahan dasar ubi kayu/singkong ini yang membuat kami berniat bekerja sama lebih baik dengan para petani ubi kayu/singkong. Dengan jaringan kerjasama yang lebih baik dengan para petani ubi kayu/singkong kita dapat menjaga kualitas bahan baku yang baik
·        Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk  singkong crispy ini adalah produk pertama peusahaan kami yang memiliki variasi rasa seperti (manis, asin, pedas basah dan barbeque). Dan kami akan berinovasi dengan membuat singkong crispy ini dengan proses menggoreng dengan media yang berbeda dan rasa yang berbeda
·        Meningkatkan kualitas Pelayanan
Menyediakan jaringan yang lebih mudah di akses oleh para konsumen untuk mendapatkan produk dan meminta pendapat para konsumen tentang baik buruknya produk kami

3.5      SWOT

A.      STRENGTH (KEKUATAN)
Ø  Bahan bakunya mudah di dapatkan
Ø  Dapat dinikmati oleh semua kalangan
Ø  Memiliki varian rasa yang menarik
Ø  Produk tahan lama
Ø  Harga bersaing/terjangkau
B.      WEAKNESSES (KELEMAHAN)
Ø  Modal usaha yang relatif minim
Ø  Pemasaran yang masih reltif lambat
C.      OPPORTUNITIES (PELUANG)
Ø  Makanan ringan yang sesuai dengan selara cita rasa masyarakat indonesia
Ø  Minat akan makanan ringan tinggi
Ø  Tingkat permintaan pasar yang tinggi akan konsumsi makanan ringan ubi goreng ini
D.     THREATS (ANCAMAN)
Ø  Banyak makanan dengan variasi lain
Ø  Ada jenis makanan yang sama
Ø  Harga produk kompetitor bersaing
Ø  Selera konsumen variatif



BAB IV
TOWS

4.1           TOWS
A.    SO
Ø Memperbanyak tingkat produksi
Ø Mengembangkan pemasaran produk dengan rasa yang bisa diterima oleh pelanggan
Ø Memproduksi ubi goreng dengan rasa baru
Ø Tetap menjaga kualitas rasa dari produk
B.    WO
Ø Memproduksi ubi goreng sesui permintaan pasar, dan memproduksi lebih banyak jika ada permintaan
Ø Memanfaatkan SDM yang ada untuk lebih berkembangnya produk
C.     ST
Ø Memahami selera konsumen
Ø Memperkuat ciri khas produk
Ø Menambah variasi baru pada produk
D.    WT
Ø Packing yang lebih menarik
Ø Menambah modal usaha dengan pinjaman
Ø Mencari investor untuk bergabung





BAB V
KESIMPULAN

Demikian proposal ini kami buat sebagai pertimbangan bagi para kreditur. Kami harap semoga usaha yang kami lakukan dapat berjalan lancar dan dapat memuaskan pelanggan.
Besar harapan kami agar proposal ini dapat disetujui. Akhir kata kami ucapkan terima  kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar