PERENCANAAN
USAHA ”UBI GORENG”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Perusahaan
Perusahaan
makanan yang kita sajikan berupa “UBI GORENG” yang bergerak di bidang kuliner
yang menyajikan makanan dengan bahan dasar ubi kayu/singkong dan dengan rasa
yang beragam yaitu (manis, asin, pedas basah dan barbeque).
Perusahaan kami memilih makanan ini
karna ubi kayu/singkong sangat mudah di temukan di indonesia dan sekaligus
turut meramaikan aneka makanan ringan, dan masyarakat indonesia yang rata-rata
menyukai makanan dengan bahan dasar ubi kayu/singkong ini yang membuat
perusahaan kami memilih memproduksi makanan ini.
Dengan segala kelebihan dan
kekurangan perusahaan kami berusaha menyajikan makanan yang berkualitas, sehat
dan layak konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari produk
yang kami prduksi.
1.2
Visi & Misi
Visi
Menjadikan makanan ubi kayu/singkong lebih di kenal dan menjadi
pilihan utama masyarakat indonesia sebagai makanan ringan.
Misi
1. Berorientasi
kepada kepuasan konsumen
2. Membuat
aneka makanan ubi kayu/singkong dengan berbagai rasa
3. Menjadikan
pilihan utama makanan ringan untuk
masyarakat indonesia
BAB
II
BAGAN
ANALISIS PERUSAHAAN
2.1 Stuktur Organisasi

BAB
III
ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
3.1 Produk/Jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Produk ini diantaranya :
·
Harga
produk yang relatif terjangkau untuk semua kalangan
·
Memiliki
variasi rasa yang menarik dan lezat
·
Tanpa
bahan pengawet
·
Dapat
diterima oleh semua kalangan masyarakat
3.2 Bauran Pemasaran/Analisi 4P
1. Product
·
Type : Ubi Goreng
·
Brand : Singkong Crispy
·
Quality : Tanpa bahan pengawet
·
Packing : Menggunakan packing kertas yang di
modifikasi
2. Promotion
·
Advertising : Menggunakan jejaring sosial
(twitter, facebook, email, blog dan lain-lain)
·
Saler
Promotion : Mempromosikan produk ke
para konsumen
3. Place
·
Berlokasi
di wilayan bekasi
3.3 Target dan Segmentasi Pasar
·
Geografi
1.
Wilayah
yang kita jadikan target untuk penjualan produk kami adalah wilayah bekasi dan
jakarta, alasan kita memilih wilayah bekasi dan jakarta karna kita ingin lebih
mempopulerkan produk ubi goreng ini di wilayah bekasi dan jakarta dan mudahnya
bahan baku didapatkan diwilayah ini menjadikan salah satu alasan kita
2.
Demografi
Berdasarkan
demografinya, produk kami biasa dimakan
oleh semua kalangan seperti anak-anak dan orang dewasa, dan kami tertuju kepada
para pencinta kuliner
3.4 Strategi Pemasaran
·
Memperkenalkan
Product
Dari produk yang
kami tawarkan merupakan makanan ringan yang sering dijumpai di berbagai
kios-kios makanan ringan yang membedakan adalah rasa yang bervariatif dan
kemasan yang menarik
·
Membangun
jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk
yang berbahan dasar ubi kayu/singkong ini yang membuat kami berniat bekerja
sama lebih baik dengan para petani ubi kayu/singkong. Dengan jaringan kerjasama
yang lebih baik dengan para petani ubi kayu/singkong kita dapat menjaga
kualitas bahan baku yang baik
·
Menciptakan
inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk singkong crispy ini adalah produk pertama
peusahaan kami yang memiliki variasi rasa seperti (manis, asin, pedas basah dan
barbeque). Dan kami akan berinovasi dengan membuat singkong crispy ini dengan
proses menggoreng dengan media yang berbeda dan rasa yang berbeda
·
Meningkatkan
kualitas Pelayanan
Menyediakan
jaringan yang lebih mudah di akses oleh para konsumen untuk mendapatkan produk
dan meminta pendapat para konsumen tentang baik buruknya produk kami
3.5 SWOT
A. STRENGTH
(KEKUATAN)
Ø Bahan bakunya
mudah di dapatkan
Ø Dapat dinikmati
oleh semua kalangan
Ø Memiliki varian rasa
yang menarik
Ø Produk tahan lama
Ø Harga
bersaing/terjangkau
B. WEAKNESSES
(KELEMAHAN)
Ø Modal usaha yang
relatif minim
Ø Pemasaran yang
masih reltif lambat
C. OPPORTUNITIES
(PELUANG)
Ø Makanan ringan
yang sesuai dengan selara cita rasa masyarakat indonesia
Ø Minat akan makanan
ringan tinggi
Ø Tingkat permintaan
pasar yang tinggi akan konsumsi makanan ringan ubi goreng ini
D. THREATS (ANCAMAN)
Ø Banyak makanan
dengan variasi lain
Ø Ada jenis makanan
yang sama
Ø Harga produk
kompetitor bersaing
Ø Selera konsumen
variatif
BAB IV
TOWS
4.1
TOWS
A. SO
Ø Memperbanyak
tingkat produksi
Ø Mengembangkan
pemasaran produk dengan rasa yang bisa diterima oleh pelanggan
Ø Memproduksi ubi
goreng dengan rasa baru
Ø Tetap menjaga
kualitas rasa dari produk
B. WO
Ø Memproduksi ubi
goreng sesui permintaan pasar, dan memproduksi lebih banyak jika ada permintaan
Ø Memanfaatkan SDM
yang ada untuk lebih berkembangnya produk
C. ST
Ø Memahami selera
konsumen
Ø Memperkuat ciri
khas produk
Ø Menambah variasi
baru pada produk
D. WT
Ø Packing yang lebih
menarik
Ø Menambah modal
usaha dengan pinjaman
Ø Mencari investor
untuk bergabung
BAB
V
KESIMPULAN
Demikian proposal ini kami buat
sebagai pertimbangan bagi para kreditur. Kami harap semoga usaha yang kami
lakukan dapat berjalan lancar dan dapat memuaskan pelanggan.
Besar harapan kami agar proposal ini dapat disetujui. Akhir kata
kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar