Efektifitas
Komunikasi Bisnis
Komunikasi akan Efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan
merangsang pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu”. Juga akan
membantu mengantisipasi masalah, membuat keputusan yang tepat, dapat
mengkoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan mengembangkan
berbagai hubungan.
Faktor-Faktor yang mempengaruhi KE: Kredibilitas (bagian dari
kepercayaan, ini dapat muncul melalui keahlian dan status sosial) dan daya
tarik komunikator (karena dikagumi dan disenangi misal: artis), Kemampuan pesan
untuk membangkitkan tanggapan (karena menarik perhatian –dirancang dengan
format yang baik-pilihan kata yang tepat-waktu dan media yang tepat),Kemampuan
komunikan untuk menerima dan memahami pesan (mampu memahami pesan, sadar akan
kebutuhan dan kepentingan, mampu mengambil suatu keputusan sesuai kebutuhan dan
kepentingan, secara fisik dan mental mampu menerima pesan).
Efektifitas
komunikasi bisnis ditentukan oleh:
1. Persepsi
Komunikator harus dapat memprediksi apakah message yang disampaikan dapat
diterima komunikan.
2. Ketepatan
Komunikan atau audience memiliki kerangka pikir. Agar komunikasi yang
dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengeksperikan hal yang ingin
disampaikan sesuai dengan kerangka piker komunikan.
3. Kredibilitas
Dalam berkomunikadi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bawah
komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan
kepercayaan dari komunikan.
4. Pengendalian
Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan balik/feedback
terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus
dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target komunikasi
yang diharapkan.
5. Kecocokan
Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang
menyenangkan dengan komunikan.
Sementara Ketrampilan meningkatkan efektivitas komunikasi bisa
dilakukan dengan berbagai cara menyangkut komunikasi verbal non verbal, lisan
maupun tulisan.
·
Reading
·
Listening
·
Speaking dengan membuat dan atau melakukan
percakapan menarik.
·
Melakukan wawancara
·
Kontak dengan kelompok-kelompok lain
·
Membiasakan diri berpidato dan atau melakukan
presentasi
SUMBER : http://nisanisut.blogspot.com/2013/04/efektifitas-komunikasi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar