PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat,
informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara
personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal.
Komunikasi bisnis
melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Ini merupakan sebuah proses
terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis
tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para
pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi
berjalan bergandengan tangan.
Dalam
komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·
Memiliki
tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
·
Pertukaran,
dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan
komunikan.
·
Gagasan,
opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam
tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
·
Menggunakan
saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan
media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara
bersamaan.
·
Meggunakan
simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau
dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
·
Pencapaian
tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau
lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya oleh manajemen.
SUMBER : http://rickyfirdiansyahdotcom.wordpress.com/pengertian-dan-macam-macam-komunikasi-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar