Faktor-faktor
yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Empat tahap proses komunikasi
Menurut cutlip dan center komunkasi yang efektif harus dilaksanakan
dengan melalui empat tahap, yaitu :
a. Pengumpulan fakta
Untuk berbicara rapat umum perusahaan, pimpinan perlu mencari fakta
dan data tentang bisnis perusahaan tersebut, tujuan dan sebagainya.
b. Perencanaan
Berdasarkan data dan fakta itu dibuatkan rencana tentang apa yang akan
dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya.
c. Komunikasi
Setelah planning disususn maka tahap selanjutnya communication atau
berkomunikasi.
d. Penilaian dan analisa
diperlukan untuk setiap kali melihat bagaimana hasil komunkasi
tersebut. Ini kemudian menjadi bahan bagi perencanaan selanjutnya untuk
melakukan komunikasi berikutnya.
2. Prosedur mencapai effect yang dikehendaki
Wilbur schraam mengatakan : untuk mendapatkan effect yang baik dari
komunikasi maka prosedur yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai “ A-A
Procedure” yaitu proses dari attention (perhatian) ke action (tindakan).
·
Attention (perhatian)
·
Interest (kepentingan)
·
Desire (keinginan)
·
Decision (keputusan)
·
Action (tindakan)
Dalam praktek, jika kita berbicara di depan umum, pertama harus
dibangkitkan dulu perhatian dari masa dengan berbagai cara untuk menarik
perhatian. Kemudian timbulkan kepentingan apa yang disampaikan cocok dengan apa
yang dibutuhkan oleh umum. Tahap berikutnya kembangkan keinginan-keinginan
untuk menerima komuikasi sebab apa yang kita sampaikan menjawab kebutuha
masyarakat. Kembangkan terus kemudian timbul keputusan untuk melakukan pesan yang
kita inginkan. Proses terakhir diharapkan menimbulkan tindakan.
SUMBER : http://dwinasl.blogspot.com/2012/05/faktor-faktor-yang-diperhatikan-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar